Sabtu, 19 November 2011

Proses Penyambungan (Jointing)
Kabel Underground 6,6 kv



III.2 Proses Penyambungan (Jointing) Kabel

 1. Siapkan Jointing kit  6.6 kv – 15 kv
       
 

Gambar III.2.1  Isi  satu kit jointing kit 6,6-15 kv       Gambar III.2.2 jointing kit 3M

2.       Pasang clamp (no. 14) (lihat gambar III.2.1) cable pada kedua outer  sheath cable di leher kabel (clamp  ini sebaiknya dipasang) 
3.       Lakukan pembersihan kabel (konduktor dan XLPE kabel) dengan pembersih CC2 (no. 12) 
4.       Jepitkan connector cable pada kedua konduktor kabel dengan crimping tool.Seperti gambar III.1.1 diatas 
5.       Setelah connector tersambung lakukan pengisolasian dengan semi conductor scotch 13 (no.1) pada connector cable sebanyak 3 lapis (layer). . 
6.       Kemudian lakukan isolasi kedua pada connector cable dengan scotch 33 kecil (no. 3) sebanyak 6 layer. 
7.       Kemudian lakukan isolasi lanjutan dengan scotch 23 (no.2) secara menyeluruh hingga 2 – 3 cm ke XLPE insulation dari pangkal ujung connector sebanyak 8 – 15 lapis (layer), seperti gambar III. 2.3.

 
Gambar III.2.3 kabel yang sudah diisolasi scotch 23

8.      Tutup isolasi kabel dan XLPE dari leher ke leher kabel dengan semi-conducting insulation scotch 13 (no. 1) satu layer saja.
9.       Pasang pita grounding dari copper tape screen ke copper tape screen dengan scotch 24 (no. 5)
10.   Lakukan hal yang sama pada ke dua konduktor lainnya dari langkah 3 sampai langkah 9.
11.   Setelah ketiga konduktor selesai di isolasi, pasang kabel grounding dengan scotch 25 (no. 6) dari Armour ke Armour (sebaiknya di pasang)
12.   Lakukan perisaian kabel dengan menyelubungi kabel dengan pita selendang dengan scotchcast P3F (no. 8) dari outer cable seath ke outer cable seath sebanyak 2 layer,
13.   Pada saat melakukan pemasangan scotchcast P3F layer yang kedua pasang klep jointing scotchcast P1B (no. 10) di tengah-tengah sambungan (diatas connector)
14.   Tutup dahulu pinggiran klep jointing ditengah (secara melingkar mengikuti bentuk pinggiran klep) sebanyak 2 layer dengan isolasi scotchcast P4 / 8934    (no. 9) sebanyak 2 layer, Kemudian tutup pita selendang secara menyeluruh dari outer cable seath ke outer cable seath dengan isolasi ini sebanyak 2 layer juga.
15.   Tutup lagi pinggiran klep jointing ditengah (secara melingkar mengikuti bentuk pinggiran klep) sebanyak 2 layer dengan isolasi scotch 33 besar (no. 4), kemudian tutup scotchcast P4 / 8934 (no. 9) secara menyeluruh dari dari outer cable seath ke outer cable seath dengan isolasi ini sebanyak 2 layer juga.
16.   Setelah selesai melakukan langkah-langkah diatas, selanjutnya isi  sambungan kabel dengan epoxy resin (no. 7). Melalui klep jointing Sebanyak 2 – 3 pack (pastikan sambungan terpress kuat) (sebelum mengisi resin sebaiknya lobangi isolasi di kedua ujung sambungan dengan obeng kecil sebagai tempat udara keluar dan agar supaya kita tahu bahwa resin sudah sampai diujung sambungan) Gunakan pressure gun dan corong resin scotchcast P5B (no.11) (pressure gun harus digunakan agar sambungan terisi penuh seluruhnya dan supaya sambungan menjadi waterproof).
17.   Setelah resin keluar dari kedua  lobang kecil di ujung sambungan tutup lobang tersebut dengan isolasi scotch 33, dan tutup juga lobang klep jointing dengan isolasi tersebut.
18.   Setelah ditutup, sisa resin sebaiknya ditumpah dibagian luar kemudian ratakan dengan tangan untuk menjamin isolasi tidak mudah rusak dan menutup celah-celah isolasi, seperti gambar III.2.4 dibawah ini
19.   Selesai

Gambar III.2.4 Gambar sambungan underground cable 6,6 kv


Halaman sebelumnya

12 komentar:

  1. Good job.
    Om,kalau menyambung kabel pompa submarine yg terputus pada kedalaman air (+/- 5 meter) bisa pakai isolasi waterproof jenis apa? Dan tersedia di toko mana?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Good job.
    Om,kalau menyambung kabel pompa submarine yg terputus pada kedalaman air (+/- 5 meter) bisa pakai isolasi waterproof jenis apa? Dan tersedia di toko mana?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak salah namanya splicing kit, bentuknya berupa cairan diisi didalam tabung plastik kemudian dia mengeras sendiri

      Hapus
  3. Mas, tau berapa harga kabel bawah tanah tegangan menengah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu mas sekafang, duulupernah beli utk al sktar 300 rb an permeternya itu utk ukran 70 mm 10 kv

      Hapus
    2. Kurang tahu mas sekafang, duulupernah beli utk al sktar 300 rb an permeternya itu utk ukran 70 mm 10 kv

      Hapus
  4. perbedaannya dengan manual dari pabrikan apa aja mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti pada langkah ke 6, pabrikan tidak ada, tpi digantu dgn semiconductor 13,
      Setelah itu langkah ke 7 jika dari pabrikan disediakan 5 pcs isolasi artinya bisa lebih dari 15 layer, selanjutya utk pabrikan didahulukan langkah ke 15 baru ke 14, dll

      Hapus
  5. Artikel yg sangat bagus.
    Mohon info terkait peraturan di PUIL apakah diizinkan penyambungan kabel tegangan menengah.

    BalasHapus
  6. Dimana beli alat kupas isolasi kabel tanah.waktu mengerjakan termination

    BalasHapus
  7. untuk membeli corong resin nya dimana ya mas?

    BalasHapus