Minggu, 19 Februari 2012

CARA SETTING PROTEKSI SEPAM VIA LAPTOP


Pada tulisan kali ini saya akan berbagi cara mensetting proteksi sepam melalui
laptop, langsung saja : 

Proteksi SEPAM Type T20


        1. Install software SFT2841 pada laptop.

        2. Siapkan kabel koneksi laptop ke sepam type RS232 to PS2
            (catatan untuk laptop yang sekarang biasanya sudah tidak memiliki lagi 
            type port RS232 ini, maka untuk koneksi perlu kabel koneksi adapter
            dari RS232 to USB)

Kabel koneksi Sepam ke Laptop type RS232 to PS2 dan Sepam type T20
 
 3. Siapkan kabel koneksi adapter type RS232 to USB, dan install drivernya
(driver RS232 to USB dari CD ke laptop)

Kabel Koneksi adapter type RS232 to USB

 4. Connect Sepam dengan kabel PS2 – RS232 kemudian RS232 – USB
     ke laptop.

 5. Buka Software STF2841 kemudian klik pada gambar 
     (satu sepam dan satu laptop) seperti dibawah ini.


6. Setelah di klik akan muncul gambar seperti di bawah ini :


7. Atur / samakan dulu Com RS233 to USB, caranya sbb:
Control panel > Device Manager > Ports (Com & LPT) kemudian lihat Prolific USB-to-Serial Comm Port (disini akan terlihat com-nya)


      8. Setelah Com-nya sama maka kembali lagi pada SFT2841 (langkah 6)
kemudian klik Connect (setelah di klik maka laptop akan loading beberapa waktu dan kemudian mucul program setting sepam seperti ini.


9. Selanjutnya silahkan setting proteksi Sepam, (ketika akan dimasukkan nilai terlebih dahulu sepam akan meminta password, masukkan password-nya yakni 0000 (0 4x). Setelah password masuk silahkan masukkan nilai settingan dan kemudian klik Apply (untuk menyimpan).

10. Selesai





31 komentar:

  1. terima kasih mas, bermanfaat untuk bahan skripsi saya mengenai proteksi.... bisa share banyak juga kalau mau saya punya banyak data tentang proteksi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas adi...
      mohon bantuannya untuk sharing masalah proteksi...

      Hapus
    2. mas adi boleh minta data mengenai proteksi? . saya rencananya ingin mengambil coordination relay utk skripsi mohon bantuannya mas. untuk saya pelajari hhe. kalau boleh bisa minta kontak nya mas?

      Hapus
  2. mohon bantuan mengenai dmn download software Sepam T20
    cara wirng GFR pada Sepam T20 dan cara setting instantanous nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Software sepam itu sft2841, dulu saya pernah download agak besar sih, cb googling aja dgn kta kunci sft2841. Sya sdh lupa linknya, kalau utk setting klik dan isikan sja pd software yg sdh terkoneksi dgn sepam. untuk GFR saya kurang mengerti apa yg dimaksud Ground fault relay.

      Hapus
  3. jika ingin beli kabel datanya sepam ( RS232 to PS2) dimana yah? atau ada yang punya wirringnya...
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kabel data RS232 to PS2 saat itu saya tidak beli saya di beri oleh pihak vendor. cba tanya saja ke toko-toko accesoris komputer. terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
    2. saya ada, kalau mau japri aja. type RS232 atau USB untuk sepam type terbaru

      Hapus
  4. kalau langsung dari ps2 ke usb gimana mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah coba tp gak berhasil, kayaknya dia perlu driver.

      Hapus
  5. Mas ...
    kabel RS232 ke USB ngga ad respon di laptop...
    gmn mas???
    mohon dibalas secepatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk usb to rs232 harus diinstall dulu drivernya nanti jika ada respon akan meuncul profilic pada device manager control panel, kemudian dari rs232 to ps2 (sepam)

      Hapus
  6. mas ada nggak gambar instalasi laptop dengan sepam s20...????
    kemaren sy sudah pasang RS232 d belakang Sepam S20 ke laptop menggunakan USB tapi ngga ad respon sama sekali....
    mohon bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alau rs232 dibelakang sepam bukan untuk setting tapi untuk koneksi dari sensor arus, mas.

      Hapus
    2. trus rs232 d connect dmn???? yg ad cuma d belakang sepam... ga ad d tempat lain... d laptop jg ga ad... gmn mas...
      mohon infonya...

      Hapus
    3. Dari rs232 harus ada kabel adapter lg rs232 to ps2. Silahkan baca lg langkah ke-3 dan 4 diatas.

      Hapus
  7. koq susah ya conect,
    saya pake win 7 tapi tetep ja ga bisa konek
    com sudah sama sftnya detek otomatis com berapa
    apa sofware harus ful version????
    yang saya lakukan sudah sama dengan petunjuk diatas tetapi tetep ga bisa konek apa perlu setingan yang lain??
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jg pkek win 7 mmng agak sulit tp akhirnya bisa. Permslhan saya saat itu pd kabel adapter rs232 to usb (merk prolific) dan drivernya, kmdian cb cek lg com port dan com sftnya.

      Hapus
    2. Tambahan, ketika install software sft2841-nya jangan lupa install juga modbus driver-nya (SchneiderModbusDriverSuite) dalam folder driver.
      semoga berhasil

      Hapus
  8. wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
    saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
    thanks ya gan.
    update selalu dan semoga tambah sukses.
    mantap..!

    BalasHapus
  9. terimakasih sharingnya mas,
    biasanya sepam digunakan untuk apa saja yaaa? boleh saya minta data wiringnya untuk pengaplikasian pada motor. atau artikel lebih lanjut mengenai sepam ini

    BalasHapus
  10. Terimah kasih sumber ilmunya,,,Mas kalo Layar LCD sepamnya Cacat ( nga jelas bacaanya ) apa LCDnya rusak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya setahu saya lcdnya rusak, di tempat saya juga banyak yang rusak lcd nya, bisa di kanibal jika ada sepam yang rusaknya bukan pada lcd nya.

      Hapus
  11. mas adi mau tanya apakah relay sepam T 40 bisa difungsikan pengatur limit pada beban wbp dan lwbp ?
    mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya kurang paham maksudnya, proteksi sepam memang fungsinya untuk mengatur limit berapa beban yang diperbolehkan.

      Hapus
  12. mas mau nanya nih, kalo mau beli kabel data sepam dimana ya ?

    BalasHapus
  13. Cba cari sja di toko asesoris komputer, utk kabel usb to rs232 saya beli di toko asesoris, tpi rs232 to ps2 saat itu saya dapat dari schneider

    BalasHapus
  14. Mas, kalo updload ke sepamnya apakah harus dalam keadaan rackout dri jaringan?maksudnya jaringan harus off dan dibutuhkan aux.power nya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mesti, tpi sebaiknya output relay trip di disconnect dulu, utk jaga2 jika sepam memberi perintah trip,maka tidak sampai ke coil cb

      Hapus